Home Tentang PESAT Kerjasama Dukung Kami Surat Pembaca Hubungi Kami
Language Selection
Switch to English

 

dukung anak desa
  Pendidikan Formal & Non Formal  

sd di kaltim

 

>> Pendidikan Formal and Informal

Anak-anak adalah salah satu prioritas pelayanan PESAT. Kepedulian thd pendidikan mereka mendorong kami menyediakan satu departemen khusus yang melayani pendidikan anak usia sekolah.

Subjek pelayanan pendidikan PESAT adalah anak-anak yang tinggal di pedesaan, pedalaman, daerah terpencil, dan terasing. Selain mendirikan taman kanak-kanak (TK) dan sekolah formal (SD, SMP, SMA), PESAT pun menyediakan tenaga-tenaga pengajar (guru) untuk mengisi kekosongan guru di sekolah-sekolah (SD, SMP, SMA) di desa-desa dan pedalaman Indonesia.

Kita menyadari betapa penting dan mahalnya pendidikan di negeri ini. Penting dan mahal, dalam arti kata kita tidak bisa sembarangan untuk menyelenggarakan suatu pendidikan. Karena pendidikan itu sendiri akan berujung pada kualitas generasi baru bangsa di masa depan. Maka dari itu pendidikan tidak melulu mengenai struktur, kurikulum, dan guru. Kalau ujungnya adalah menghasilkan generasi baru yang berkualitas dan berkarakter baik, tentu faktor-faktor mahapenting yang musti dilihat adalah: sejak kapan pendidikan itu dimulai di dalam diri seseorang, lalu sistem, pola, gaya, dan infrastrukturnya.

Kata education dalam bahasa Inggris yang berarti pendidikan sebenarnya berasal dari kata Latin educo yang berarti membangkitkan, memimpin, memelihara atau menolong agar bertumbuh, dan membawa keluar.

Yang dibawa keluar tentu adalah diri dan segenap potensi belajar. Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran dan bersifat informal. Pendidikan dimaksudkan sebagai" hidup untuk belajar", bukan "belajar untuk hidup". Jadi pendidikan berkaitan dengan pembentukan karakter, bagaimana seseorang menjadi (learning to be). Jika kita dapat menanamkan nilai-nilai hidup yg luhur, niscaya kelak akan menghasilkan generasi yang berkualitas dan berkarakter luhur.

PESAT menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak usia pra-sekolah hingga SMA.

 

  Kesaksian  
 

 

  Pendidikan Informal
TAMAN KANAK-KANAK
tk_permata
 

PESAT mendirikan TK di desa-desa terpencil di 15 propinsi Indonesia dan dibarengi dengan Kelompok Bermain (playgroup) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

  Pendidikan Formal
sma_krayan_terpadu
V
SEKOLAH DASAR
 

PESAT mendirikan SD dan mengirimkan guru SD ke pelosok-pelosok desa di Indonesia.

   
V
SMP
 

Mendirikan 3 SMP di Nabire, Manokwari, dan Wamena (semuanya di Papua), serta mengutus guru SMP ke beberapa daerah pedalaman.

   
V
SMA
 

Mendirikan SMA di Nabire dan Manokwari di Papua.

   
arrow
SEKOLAH SUKU TERASING
sekolah suku wana
  Suku-suku terasing yg tinggal di belantara Indonesia pun dijang-kau oleh program pendidikan PESAT. Ilmu pengetahuan telah banyak merubah pola hidup mereka menjadi lebih baik.
arrow
SEKOLAH & ASRAMA
sd baliem terpadu
  TK dan SD Berasrama ini berada di Nabire dan Wamena di Papua sejak 1994, memiliki visi sbg sekolah unggul dan ideal di sana, yang mendidik dan memberdayakan anak-anak dg kegiatan belajar-mengajar dan bimbingan efektif baik di sekolah maupun asrama. Sistem pendidikannya diatur melalui manajemen mutu berbasis sekolah, berwawasan ligkungan (sosekbud + teknologi) dan berorientasi pd kecakapan hidup (life skill education).
 
  Refleksi  
 
 
 
Copyright © 2008 PESAT. All rights reserved.